Kamu Punya Jalan Hidup Sendiri

Titik Kosong - Setiap manusia pasti sebenarnya sudah menyadari bahwa dia memiliki jalan hidup sendiri-sendiri. Jalan yang tentu berbeda dengan orang lain. Tapi sayangnya kebanyakan dari mereka tidak sadar, bahwa jalan hidup yang mereka tempuh saat ini bisa saja berdasar pada orang lain, bukan atas dasar kemauan mereka sendiri.



Hidup di lingkungan yang jelas dikelilingi orang lain membuat kita akan disorot oleh pandangan mereka juga. Kita tahu bahwa mengurusi hidup orang lain itu terkadang menjadi “pekerjaan tak sadar” yang sering dilakukan kebanyakan orang. Hasil dari pekerjaan itu adalah omongan, nyinyiran, dan juga pandangan yang kebanyakan bersifat negatif.

Saya tidak berkata bahwa semua yang dikatakan orang lain itu adalah sesuatu yang negatif, tapi memang kebanyakan mereka akan lebih senang menyoroti hal-hal negatif. Sedikit saja kesalahan, kekurangan, atau mungkin ketidakmampuanmu dalam melakukan sesuatu, akan menjadi bahan yang renyah untuk diperbincangkan.

Apa dampak semua itu untukmu? Hal terburuk yang sering menjadi kesalahanmu dalam merespon semua itu adalah menjadi apa yang mereka mau. Bukan menjadi apa yang benar-benar kamu inginkan, tapi menjadi apa yang mereka pandangkan terhadapmu.

Sebuah kenyataan dalam hidup ini yang harus sama-sama kita ketahui, bahwa menapak di jalan yang sama dengan yang orang lain sering jalani itu lebih mudah daripada menapak di jalan yang kita pilih sendiri. Faktanya meraih mimpi yang benar-benar kita inginkan itu jauh lebih sulit daripada hanya menjadi umum di lingkungan kita.

Pertanyaan yang harus selalu kita ajukan pada diri kita ketika akan melakukan sesuatu adalah “Apakah aku melakukan ini karena aku benar-benar ingin melakukannya? Atau karena aku hanya takut pada penilaian dan pandangan orang lain jika aku tidak melakukannya?”

Jika kamu melakukan itu karena kamu memang benar-benar ingin melakukannya, maka lakukanlah. Tapi jika kamu melakukannya hanya karena takut dengan pandangan orang lain, maka lebih baik jangan.

Sampai kapanpun, kamu tidak akan bisa memuaskan orang lain dengan tuntutan dan bahkan pandangan-pandangan mereka. Yang harus kamu lakukan adalah melakukan yang terbaik untuk melegakan dirimu sendiri. Mewujudkan kemauanmu sendiri. Berjalan di jalan hidupmu sendiri.

Jalan hidupmu adalah jalan yang kamu pilih dan tentukan sendiri. Bukan jalan yang ditentukan orang lain untukmu. Bukan jalan yang kamu tempuh karena kamu ingin menuruti pandangan mereka.

Bukankah akan lebih baik jika kamu membungkam pandangan negatif itu dengan jalan yang kamu pilih sendiri? Mengapa harus menjadi sama jika kamu bisa menjadi hebat karena berbeda?

Kenali dirimu, kenali potensimu, lalu temukan jalan hidupmu sendiri. Jalan yang benar-benar kamu inginkan. Jalan yang benar-benar kamu mau. Pastikan kamu punya visi sendiri dalam hidup ini. Bukan visi orang lain yang harus kamu lakukan. Bukan visi kebanyakan orang yang harus kamu ikuti. Sekali lagi, punyalah visi sendiri.

Menjadi berbeda bukan sebuah kesalahan jika memang perbedaan itu bisa membuatmu lebih hebat. Dunia ini sudah terlalu banyak diisi orang yang biasa saja dalam menjalani hidupnya. Mengapa kamu tidak memilih untuk menjadi luar biasa?

Biarkan orang lain melihatmu sukses dengan jalan hidup yang kamu pilih sendiri. Jalan yang mungkin mereka anggap remeh. Jalan yang tidak sama seperti jalan kebanyakan orang lainnya. Jalan yang tidak sesuai dengan pandangan mereka saat ini. Yang terpenting adalah memastikan bahwa itu adalah benar-benar jalanmu. Jalan hidup yang kamu mau.

Jalan itu tidak akan mudah, karena itu bukan jalan yang dipilih kebanyakan orang. Sangat mungkin akan ada hambatan yang datang. Tapi sekali kamu memilih jalan itu atas dasar kemauanmu sendiri, kamu tentu akan memberikan yang terbaik untuk tetap berada di jalan itu. Memberikan semua yang kamu punya untuk bisa sukses di jalanmu sendiri. Karena itu maumu. Karena itu pilihanmu. Maka kamu akan bangkit lagi sekalipun terjatuh dan ada banyak hambatan yang menghadang. Hambatan itu sejatinya hanya untuk membuatmu lebih kuat dalam pertarungan menuju kesuksesan yang sejati. Kesuksesan yang memang kamu mimpikan dan kesuksesan yang memang kamu inginkan sendiri.


Diterjemahkan, diadaptasi, dan terinspirasi dari Fearless Motivation.