Jangan Benci, Tapi Berterimakasihlah

Titik Kosong - Jangan benci. Hidupmu tidak pernah didatangi orang yang salah. Yang ada hanyalah mereka yang datang untuk memberikan pelajaran dan mereka yang datang sebagai anugerah dari Tuhan.

Dalam menjalani hidup ini, akan jauh lebih mudah rasanya untuk menyalahkan orang-orang yang sudah berbuat salah kepada kita. Bahkan mungking tidak jarang kita menganggap seseorang sebagai salah satu sebab kita tidak bisa bahagia.

Ya, menyalahkan memang mudah. Tapi hal itu tidak akan membuatmu bangkit dan kembali kuat. Apalagi jika kita menumbuhkan rasa benci. Hal itu hanya akan membuat kita semakin tersiksa sendiri. Maka jangan benci, tapi berterimakasihlah.

Berterimakasihlah kepada orang yang tidak menghargaimu, karena berkat dia, kamu bisa lebih menghargai dirimu sendiri dan orang lain.

Berterimakasihlah kepada orang yang menyakitimu, karena berkat dia, kamu paham betapa pedihnya rasa sakit itu dan pada akhirnya membuatmu tidak melakukan hal yang sama kepada orang lain.

Berterimakasihlah kepada orang yang kasar padamu, karena berkat dia, kamu belajar untuk jauh dari sifat kasar itu.

Berterimakasihlah kepada orang yang melemahkanmu, kerena berkat dia, kamu bisa menjadi lebih kuat dan tidak bisa dilemahkan lagi.

Berterimakasihlah kepada orang yang mengabaikanmu, karena pelajaran darinya membuatmu tidak mengabaikan sesama.

Ya, berterimakasih kepada orang yang tidak memperlakukanmu dengan baik, karena berkat mereka, kamu bisa memperlakukan dirimu sendiri dan orang lain dengan jauh lebih baik.

Mereka datang untuk memberikan pelajaran dalam hidupmu. Meskipun dengan cara yang tidak mengenakkan. Akan tetapi, mereka datang dengan alasan. Dan kita, harus bisa mengambil pelajarannya.

Semua hal buruk yang sudah mereka lakukan, tidak pernah bisa jadi alasan untuk membenci. Bukan karena kita ingin sok suci, tapi karena kita memang dilahirkan sebagai manusia bukan untuk membenci manusia lainnya.

Jangan benci. Kamu tidak selemah itu. Kamu adalah pribadi yang kuat untuk memaafkan. Dan berterimakasihlah, karena semua hal buruk yang terjadi dari mereka, adalah pelajaran yang baik untuk hidup kedepannya.