Untuk Kamu yang Pernah Disakiti

Titik Kosong - Untuk kamu yang pernah disakiti, mulai saat ini, belajarlah untuk ambil kendali atas apa yang sudah terjadi. Jangan biarkan rasa sakit itu mengendalikanmu, tapi jadikan ia sebagai pelajaran terbaik untuk menjadi lebih kuat lagi.

Image Source: exercisesforinjuries.com

Disakiti, sebuah kata yang punya makna bahwa kita pernah menjadi korban dan diberi sakit oleh seseorang. Kebanyakan orang akan terus bangga berada di posisi itu. Seakan menjadi korban adalah sesuatu yang bisa dibanggakan. Tapi sayangnya mereka tidak lantas berubah dan bangkit, hanya terus menyalahkan orang yang telah berbuat jahat kepada mereka.

Orang itu memang salah karena dia telah menyakitimu, tapi kamu juga salah jika tidak mampu bangkit dari rasa sakit itu. Maka, segeralah ambil kendali atas semua yang terjadi. Jangan berlarut-larut pada kesedihan yang sejatinya sudah terjadi di waktu yang lalu. Maafkan, bangkit, let it go and move on!

Maafkan. Semuanya sudah terjadi, dan sekaranglah waktunya untuk membuat yang sudah terjadi itu menjadi berarti. Tentang prinsip memaafkan, saya masih ingat kata-kata Oprah, seorang wanita hebat dari Amerika. Dia mengatakan bahwa memaafkan itu BUKAN berarti TIDAK MASALAH jika sesuatu itu terjadi pada dirimu, tetapi memaafkan itu artinya it’s OK, karena sesuatu itu SUDAH terjadi di hidupmu, dan sekarang tinggal bagaimana kamu membuat sesuatu yang sebenarnya pahit itu menjadi pelajaran berharga untuk hidup ke depannya.

Kita tentu tidak akan merelakan kepahitan itu terjadi lagi di hidup kita. Tidak mungkin membiarkan jika orang itu melakukan kepahitan yang sama untuk kedua kalinya, tetapi kita harus bisa mengambil pelajaran dari kepahitan yang pernah dia berikan. Everything happens for a reason. Sepahit apapun itu, sesakit apapun itu, selalu ada alasan mengapa kepahitan dan kesakitan itu terjadi padamu.

Sekarang tinggal bagaimana dirimu menyikapi rasa sakit itu. Ingin terus-terusan berada dalam victim story dan tidak berhenti menyalahkan orang lain yang telah berbuat negatif kepadamu, atau ingin berdiri sebagai seseorang yang kuat, membiarkan pergi semua yang sudah terjadi dan melanjutkan hidup menjadi lebih baik lagi.

Saya tahu, tidak mudah untuk menangkal semua rasa sakit itu, untuk lupa dengan semua perlakuan buruk yang telah orang lain perbuat terhadapmu, tapi jika tidak ingin membuat mereka merasa menang dan berhasil mengendalikanmu, kamu harus bisa bangkit dan mengambil kendali atas semua yang terjadi. Ubah rasa sakit darinya menjadi alasan terbaik untuk lebih kuat, agar kamu tidak mengalami rasa sakit yang sama ke depannya.